Bear's path

Daisypath Anniversary tickers

Rabu, 08 Oktober 2014

Ketika bisnis berasal dari hobi - Groovy Cake n Cupcakes

Kali ini gw mau share tema diluar wedd prep,, #sahelah

Jadi sudah beberapa tahun belakangan ini bahkan sejak sebelum lulus kuliah, gw lagi cinta2 nya sama yang namanya dunia per-baking-an,,alias pastry, khususnya cupcake...di keluarga gw semuanya doyan makan dan masak,,jadi ga heran yah kalo kita2 tau banget sama yang namanya perdapurannnn,,kanjeng mami yang jago banget masak masakan nusantaraaa, adek gw yang suka masak western2an and japanese food juga..papi yang jago bikin makanan dari kampung halamanna solo (khususnya soto ayam nya papi enakkkk), then gw yang doyan bikin kue...

2 tahun belakangan ini gw ikut kursus pastry, and tertarik membuat cupcake,,kenapa cupcake?
karena cupcake itu simple but difficult..hahahaha,,
- simple karena ukurannya yang di cup2 dengan diameter 3cm paling kecil sampe yang 6 cm paling besar, beda sama whole cake yang ukurannya utuh mulai dari diameter 16cm,18cm, 20cm, 24cm, dll..
- difficult karena dekorasinyaaaa, hiasannya rumittt bo,,bikin figurin fondantnya (yang biasanya bentuk orang, hewan, bunga, dll), bikin cream nya supaya thickness nya bagusss,, then susah di time managementnya...berhubung gw masih jadi karyawan kantorannnnn, ini paling susah atur waktu bikin pesanan orang.. karena buat cupcake itu hias nya bisa berjam2 loh,, apalagi gw ngerjain sendiri, meski kadang dibantuin nimbang sama bear, bikin adonan sama mami,,tapi tetep aja,,idealnya harus punya asisten yang bisa back up...


gambar diatas adalah ketika gw mulai belajar resep dari tempat kursus, kemudian gw bikin tester buat temen2 gw,,then design pertama yang gw buat untuk lamaran temen gw,,masih keliatan norak yah pilihan2 warna nya klo menurut gw..masih belang bentong gtu, designnya ga konsisten..hahaha.. namanya juga pemulaaa..


tapi dibalik itu semua April 2012 lalu bertepatan dengan ulang tahun gw, gw nekad bikin online cupcake shop, home made cupcakes namanya GCCupcakes..Groovy Cakes and Cupcakes..yuhuuuu
Awalnya gw kasih tester ke temen2 dikantor lama gw, dan most of them suka sama cupcake buatan gw,,kemudian gw bikin cupcake buat ulang tahun hao peng gw..Gobelitaaa..

 Disini gw seneng banget karena ini kue ulang tahun pertama yang gw buatttttt,,,,dari sini gw belajar cara bikin figurine fondant yang bagus gimana dari kang Youtube..then design2 gw membaik sih,,hahaha..trus dari yang awalnya tuh cupcake cuma plain aja vanilla and coklat,,makin lama berkembang jadi banyak rasa..peanut, banan, chocochips, sampe red velvet...trus pake filling pula,,hahaha,,


baking-pastry-cooking itu intinya mengolah kreativitas kita dalam sebuah adonan tepung, telur, and gulaaa...semakin abstrak karya anda, maka hasilnya akan semakin abstrak jugaaaa...pesenan gw juga udah mulai berkembang dari yang tadinya ulang tahun saja, jadi ke lamaran, arisan, lebaran, valentine, Wedding, bahkan pernah ditawarin buat apply di salah satu situs web yang suka nawarin voucher2 belanja...tapi yang terakhir ini gw tolak karena gw ga punya asisten and masih pekerjaaa bow..kalo pas yang pesen banyakkkk hadehhhhh,,bisa runyam waktu kerja gw..

belajar bikin and hias serta bisnis cupcake itu bukan tanpa kendala,,,udah ratusan telur kali yang gw pake akibat kue gw bantet, gosong, figurin fondant gw letoy, keringetan,,kue gw basah, lengket, meleleh, trus masalah kurir yang telat sampe lokasi, kurir ga nganter, kue berantakan saat di lokasi pengantaran...tapi gw tetep ga patah aranggg #ciehlahhh...semuanya serba learning by experience..and namanya juga bisnis, jadi harus siap pula di complain sana-sini,,pembeli adalah raja kan..

meski capek sana-sini, tapi saat liat kue gw jadi, and temen serta pelanggan gw sukaaa, rasanya rasa capek itu lenyapppp seketikaaa,,#asekk :p,, kepuasannya tuh lahir batinnnn..

ini cupcake natal tahun lalu pesenan ci Verina di Tangerang BSD,,doi ini temennya temen kantor gw di prodia...Vanilla and Blueberry cupcakes with filling blueberry and strawberry jam didalamnya..

cupcake nya Mba Anggi buat hubby tercinta sebelum punya si kembar nih,,hahaha

ini cupcake ci Verina lagi (pelanggan yang balik lagi order) buat pacar tercinta..


cupcakenya si Anggana (hao peng nya si bear) buat mei tercinta yang fans berat doraemonnn..


nah ini karyawan PT. Wings Food yang order,,lupa namanya siapa,,tapi yang jelas dia tau dari atasan nya si bear yang pernah order jg..

  House warming cupcake nya Kak Hani pas pemberkatan rumah baru..

setelah gw ngubek2 fb gw, hasil upload-an karya GCCupcakes udh 200an foto,,,baru menyadari ternyata udah banyak cupcakes yang gw bikin selama 2 tahun ini,,,,wewww..

Gw lupa pesanan pertama dari siapa..tapi yang jelas, semakin banyak orderan membuat keahlian gw mengolah fondant sebagai hiasan cupcake gw semakin terasah (meski belum seahli guru2 kursus gw and para bakuliners cupcake diluar sana)..yang jadi masalahnya adalah mengolah bisnis saat masih jadi karyawan gini bukan perkara yang mudah yah,,,karena pasti ujung2nya terbentur waktu..

Nah berhubung sekarang lagi persiapan married and load kerja gw dikantor makin besar, gw vacum dari orderan cupcake ini,, gw gak ambil orderan wedding, ulang tahun, atau acara lainnya seheboh dulu...dulu tiap minggu bisa 2-3 pesenan sekarang paling gw ambil 2-3 orderan aja tiap bulan..kebetulan gw yg nantinya akan pindah ke apartemen after married, jadi sekarang sedang mempersiapkan ruangan di apartemen gw nanti, dapur yang cantik, oven yang lebih besar kapasitasnya biar setelah tinggal disana gw bisa kembali membuka bisnissss ini...sangat disayangkan memang harus vacumm. Gw yakin sih Tuhan sudah atur rencana buat gw yg terbaik.. setelah apartemen gw jadi nanti, gw yakin bisnis ini bisa berjalan...semoga april tahun depan bisa kembali bergairahhhh GCCupcakes ini..

gw berambisi suatu saat nanti bisa buka toko cupcake kayak rumah cupcake di bogor, soho cupcake di GI ataupun bisa menjadi cupcake trendsetter gw yakni DCcupcakes di New york sanaaaa...ahhh dreamingggg..
Impian pasti tercapai dengan kerja keras dan tekad yang kuat tohhh...jadi gw yakin suatu saat nanti, saat gw bisa memutuskan untuk berhenti bekerja,,,gw udah punya modal untuk jadi pengusahaaaa cupcakes..

doakan ya kawan,,ada Amin????Ammmiiiiinnnnn.....

21 komentar:

  1. hai caths salam kenal.. :)

    aduh udah keren2 banget itu cupcakesnya, aku juga suka banget baking dan waktu awal2 juga demen bgt bikin2 cupcakes, tapi belum sampe hias2 kece kaya kamu gitu, mau coba bikin figurin pake fondant belum kesampean nih.. udah lama juga sih gak baking2an lagi hihi terakir kemarin bikin cake ultah suami.. kamu ambil kelas pastry dimana? aku lg cari2 kelas pastry juga, malah kalo ada duitnya pengen yang sekolah sekalian hahaha.. *aduh maaf ya komennya panjang bener ini :p*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai gina,,ups,,panggilan mu apa??salam kenal jugaaa..thanks ya udah mampir sini,,,

      belum terlalu keren kok gina,,soalnya aq juga masih suka nyontek hiasan senior2 bakul cupcake lainnya atau msh blajar dari youtube jugaaa..bikin figurin fondant udah kayak main clay say...rumit tapi seruuuu kalo udh jadiinya..haha

      aq ikut NCC member,,les disana lebih banyak pilihan kelasnya loh,,hayuk2 ikutannn,,abis ini lagi cari2 info kursus nya chef marinka di kemang, dia ada jam session yang private class nya,,dia kan expertise nya pastry..jd aq prefer ke dia,,tp di NCC juga banyak suhu2 yang ahli pastry tuh..cuma belum nemu waktunya lg nih,,abis married kyknya aq akan mulai bljr lagi,,#maaf juga yah reply nya kepanjangan,,,hahaha,,thx u dear ^-^

      Hapus
    2. panggil rere aja cath.. :)

      nah makanya aku pengen banget nyoba mainan fondant halah mainan hahaha.. oooh kamu di NCC. aku sempet mau ikut ncc waktu itu tp gak nemu waktu yg pas. ncc yang di bintaro bukan kamu?

      nah yang kelasnya marinka aku udah browsing2 juga sih, banyak pilihan deh.. kalau ada uangnya mah aku mau masuk pattiserrie school itu lho tapi mihilnya ampun deh huahaha jadi sekarang nyari2 yang sebates kelas2 dulu aja deh sambil ngisi waktu luang :)

      Hapus
    3. hai rere..aq NCC nya kemana2,,kadang di jojo bintaro (ini langganan aq buat beli bahan2 kue loh), kadang di matraman, kadang di toko loyang blok m...kemarin pernah kursus di toko berkat di gading juga tuh,,lumayan tuh re ngiLmu bangett,,hahaa...

      Hapus
  2. Cath, kece bgt sih ternyata dirimu :D Abis nikah terima orderan lagi doong :D Sukses yah bisnisnyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maish kalah kece lah sama dikau,,,,iyah rencananya setelah dpt layout dapur yg baru,,yang lebih nyaman buat baking,,aq open order lagi,,hehehe,,doakan ya ka,,

      Hapus
  3. cath, bakat yang terpendam ya. baru tau kalo ternyata dirimu jago bikin cupcakes. hehehe.
    nanti kalo abis married, terima order ga? biar nanti gw order di u aja buat wedding nanti. siapa tau dapet harga spesial *ngarep mode on*. hahaha.

    semangat buat nerusin usahanya after married ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. doakannn yah,,,pengennya bisa trima order,,,bole2,,,buat mingle yah,,hahaha

      thank you cyn,,,,

      Hapus
  4. Caths aku kudu order di dirimu nih buat mingle merit hehehe..
    Keren banget loh bisa bikin cupcakes fondant. Gw pengen bgt caths bisa makanya ntar abis merit mau belajar juga di BBC wish me luck yah heheh...

    Goodluck buat usahanya yau caths

    BalasHapus
    Balasan
    1. whuahh bole2 ci,,lah pan dirimu juga ga kalah jagoooo masaknyaaaaa,,,ayo kursus bareng ci,,,jakarta yah,,hahaha,,wish you luck always ci ^-^..

      Hapus
  5. Cath, baru tau u jago bikin cupcake, sampe banyak orderan gitu dulunya :P
    hebat banget yahh, gw sama sekali belom ada minat di dunia baking hihi
    amin amin amin for your wish, semoga ntr after merid di apt baru bisa banyak dpt orderan lagi, bisnis cupcake makin sukses yahh :)
    percaya aja meskipun u skrg vacuum, kalo udah rejekinya nanti stlh aktif lagi pasti orderan banyak hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you atas doanya,,aq mengamini semua doa, motivasi dan support dari dirimuuu,,thank you dear...

      Hapus
  6. wahh baru tau kamu jago baking :D asik tuh kalo orderannya banyak, makin semangat bikin kue nya :D
    Sukses ya bisnisnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you ci,,,amin2,,trima kasih doanya,,hehehe,,,

      Hapus
  7. Hi Cath, salam kenal ya :)
    Cupcakenya lucu2 banget. Aku selalu bingung loh liat cupcake yang designnya kayak gitu kok ya bisa gitu buatnya. Aku nyerah deh ga ada bakat seni dan baking sama sekali kayaknya. Seru ya kl dari hobby tapi akhirnya malah bisa menghasilkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoohoho,,salam kenal juga,,,nama mu sapa?hehehehe..

      thank you yah sudah mampir2...

      Hapus
  8. lam kenal ya Cath...wahh aku juga dulu pernah kursus di NCC ( siapa nanyaa yaaa?! hihihii ). Hayoo semangatt baking...sayang juga udah berjalan bisnisnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai ci,,thank you sudah mampir loh,,,salam kenal juga,,,iyah nanti after married kembali merintis deh ci,,,lg persiapan married nih soalnya,,,bantu doa yah ci,,hehehe,,GBU

      Hapus
  9. Haiii cath.. baru tau lu bisa bikin cupcakes *kemana aja gua di group* hahaha.. boleh lah daku pesen? hehehehe.. mantap yaah. sukses terus buat bisnisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiahhhh ci epoy,,,bole2,,ayo pesan,,tapi lapak dibuka ntar dah ci,,nunggu gw pindahan dulu yeee,,,hahaha

      Hapus
  10. Cath, dirimu bikin kue? waaa...kayanya enak deh..jadi kepengen pesen buat ultah uti..nanti yaa gw contact lu..

    BalasHapus

 
Notes From Beluang Cipit Blogger Template by Ipietoon Blogger Template